KH. M. Munawir Krapyak
Biografi KH. M. Munawir Krapyak Yogyakarta
KH.
M. Munawwir adalah putra KH. Abdullah Rosyad bin KH. Hasan Bashari. Dahulu,
ada seorang ulama pejuang, KH. Hasan Bashari namanya, atau yang lebih dikenal
dengan nama Kyai Hasan Besari ajudan Pangeran Diponegoro. Beliau sangat ingin
menghafalkan Kitab Suci al-Quran namun terasa berat setelah mencobanya
berkali-kali. Akhirnya beliau melakukan riyadhah dan bermujahadah, hingga suatu
saat Allah Swt. mengilhamkan bahwa apa yang dicita-citakan itu baru akan
dikaruniakan kepada keturunannya.
Begitu pula anak beliau, KH. Abdullah Rosyad, selama
9 tahun riyadhah menghafalkan al-Quran, ketika berada di Tanah Suci Makkah,
beliau mendapat ilham bahwa yang akan dianugerahi hafal al-Quran adalah
anak-cucunya.
KH. Abdullah Rosyad dikaruniai 11 orang anak dari 4
orang istri, salah satunya adalah KH. M. Munawwir yang merupakan buah
pernikahan beliau dengan Nyai Khadijah (Bantul).
Masa Belajar KH. M. Munawwir
Guru pertama beliau adalah Ayah beliau sendiri.
Sebagai targhib (penyemangat) nderes al-Quran, Sang Ayah memberikan hadiah
sebesar Rp 2,50 jika dalam tempo satu minggu dapat mengkhatamkannya sekali.
Ternyata hal ini terlaksana dengan baik, bahkan terus berlangsung sekalipun
hadiah tak diberikan lagi.
REPORT THIS AD
KH. M. Munawwir tidak hanya belajar qira’at (bacaan)
dan menghafal al-Quran, tetapi juga ilmu-ilmu lain yang beliau timba dari para
ulama di masa itu, diantaranya;
• KH. Abdullah (Kanggotan – Bantul)
• KH. Kholil (Bangkalan – Madura)
• KH. Shalih (Darat – Semarang)
• KH. Abdurrahman (Watucongol – Magelang)
Setelah itu, pada tahun 1888 M. beliau melanjutkan
pengajian al-Quran serta pengembaraan menimba ilmu ke Haramain (dua Tanah
Suci), baik di Makkah al-Mukarramah maupun di Madinah al-Munawwarah. Adapun
Guru-guru beliau di sana antara lain;
• Syaikh Abdullah Sanqara
• Syaikh Syarbini
• Syaikh Mukri
• Syaikh Ibrahim Huzaimi
• Syaikh Manshur
• Syaikh Abdus Syakur
• Syaikh Mushthafa
• Syaikh Yusuf Hajar (Guru beliau dalam qira’ah sab’ah)
Pernah dalam suatu perjalanan dari Makkah ke
Madinah, tepatnya di Rabigh, beliau berjumpa dengan seorang tua yang tidak
beliau kenal. Pak Tua mengajak berjabat tangan, lantas beliau minta didoakan
agar menjadi seorang hafidz al-Quran sejati. Lalu Pak Tua menjawab:
“Insyaa-Allah.” Menurut KH. Arwani Amin (Kudus), orang tua itu adalah
Nabiyullah Khadhir As.
KH. M. Munawwir ahli dalam qira’ah sab’ah (7 bacaan
al-Quran). Dan salah satunya adalah qira’ah Imam ‘Ashim riwayat Imam Hafsh.
Berikut inilah Sanad Qira’ah Imam ‘Ashim riwayat Hafsh KH. M. Munawwir sampai
kepada Nabi Muhammad Saw. yaitu dari:
1) Syaikh Abdulkarim bin Umar al-Badri ad-Dimyathi, dari
2) Syaikh Isma’il, dari
3) Syaikh Ahmad ar-Rasyidi, dari
4) Syaikh Mushthafa bin Abdurrahman al-Azmiri, dari
5) Syaikh Hijaziy, dari
6) Syaikh Ali bin Sulaiman al-Manshuriy, dari
7) Syaikh Sulthan al-Muzahiy, dari
8) Syaikh Saifuddin bin ‘Athaillah al-Fadhaliy, dari
9) Syaikh Tahazah al-Yamani, dari
10) Syaikh Namruddin ath-Thablawiy, dari
11) Syaikh Zakariyya al-Anshari, dari
12) Syaikh Ahmad al-Asyuthi, dari
13) Syaikh Muhammad ibn al-Jazariy, dari
14) Al-Imam Abi Abdillah Muhammad bin Khaliq al-Mishri asy-Syafi’i, dari
15) Al-Imam Abi al-Hasan bin asy-Syuja’ bin Salim bin Ali bin Musa al-‘Abbasi al-Mishri, dari
16) Al-Imam Abi Qasim asy-Syathibi, dari
17) Al-Imam Abi al-Hasan bin Huzail, dari
18) Ibnu Dawud Sulaiman bin Najjah, dari
19) Al-Hafidz Abi ‘Amr ad-Daniy, dari
20) Abi al-Hasan ath-Thahir, dari
21) Syaikh Abi al-‘Abbas al-Asynawiy, dari
22) ‘Ubaid ibnu ash-Shabbagh, dari
23) Al-Imam Hafsh, dari
24) Al-Imam ‘Ashim, dari
25) Abdurrahman as-Salma, dari
26) Sadatina Utsman bin ‘Affan, ‘Ubay bin Ka’ab, Zaid bin Tsabit, ‘Ali bin Abi Thalib, dari
27) Rasulullah Muhammad Saw. dari
28) Robbul ‘Alamin Allah Swt. dengan perantaraan Malaikat Jibril As.
Beliau menekuni al-Quran dengan riyadhah, yakni
sekali khatam dalam 7 hari 7 malam selama 3 tahun, lalu sekali khatam dalam 3
hari 3 malam selama 3 tahun, lalu sekali khatam dalam sehari semalam selama 3
tahun, dan terakhir adalah riyadhah membaca al-Quran selama 40 hari tanpa henti
hingga mulut beliau berdarah karenanya.
Setelah 21 tahun menimba ilmu di Tanah Suci, beliau
pun kembali ke kediaman beliau di Kauman, Yogyakarta, pada tahun 1909 M.
Akhlaq KH. M. Munawwir
KH. M. Munawwir selalu memilih awal waktu untuk
menunaikan shalat, lengkap dengan shalat sunnah Rawatibnya. Shalat Witir beliau
tunaikan 11 raka’at dengan hafalan al-Quran sebagai bacaannya. Begitu juga
dalam mudawamah beliau terhadap shalat Isyroq (setelah terbit matahari), shalat
Dhuha dan shalat Tahajjud.
Beliau mewiridkan al-Quran tiap ba’da Ashar dan
ba’da Shubuh. Walau sudah hafal, seringkali beliau tetap menggunakan Mushaf.
Bahkan kemanapun beliau bepergian, baik berjalan kaki maupun berkendara, wirid
al-Quran tetap terjaga. Beliau mengkhatamkan al-Quran sekali tiap satu minggu,
yakni pada hari Kamis sore. Demikianlah beliau mewiridkan al-Quran semenjak
berusia 15 tahun.
Waktu siang beliau lewatkan dengan mengajarkan
al-Quran, dan di waktu senggang beliau masuk ke dalam kamar khusus (dahulu
terletak di sebelah utara Masjid) untuk bertawajjuh kepada Allah Swt.
Sedangkan
di malam hari beliau istirahat secara bergilir di antara istri-istri dengan
demikian adilnya.
Beliau memiliki 5 orang istri, adapun istri kelima,
dinikahi setelah wafatnya istri pertama, yakni;
1. Nyai R.A. Mursyidah (Kraton Yogyakarta)
2. Nyai Hj. Sukis (Wates Yogyakarta)
3. Nyai Salimah (Wonokromo Yogyakarta)
4. Nyai Rumiyah (Jombang – Jawa Timur)
5. Nyai Khadijah (Kanggotan – Yogyakarta)
Begitulah KH. M. Munawwir hidup beserta keluarga di
tengah ketenangan, kerukunan, istiqamah dan wibawa, dengan berkah al-Quran
al-Karim.
Orang hafal al-Quran (Hafidz) yang beliau akui
adalah orang yang bertakwa kepada Allah, dan shalat Tarawih dengan hafalan
al-Quran sebagai bacaannya.
Begitu besar pengagungan beliau terhadap al-Quran,
sampai-sampai undangan Haflah Khatmil Quran hanya beliau sampaikan kepada
mereka yang jika memegang Mushaf al-Quran selalu dalam keadaan suci dari
hadats.
Pernah terjadi seorang santri asal Kotagede dengan
sengaja memegang Mushaf al-Quran dalam keadaan hadats. Setelah diusut oleh KH.
M. Munawwir, akhirnya santri tersebut mengakuinya. Atas pengakuannya, si santri
dita’zir, kemudian dikeluarkan dari Pesantren dalam keadaan sudah menghafalkan
al-Quran 23,5 juz.
Setiap setengah bulan sekali beliau memotong rambut.
Juga tak pernah diketahui membuka tutup kepala, selalu tertutup, baik itu
dengan kopyah atau sorban maupun keduanya. Menggunting kuku selalu beliau lakukan
tiap hari Jum’at.
Pakaian beliau sederhana namun sempurna untuk
melakukan ibadah, rapi dan bersetrika. Jubah, sarung, sorban, kopyah dan tasbih
selalu tersedia. Pakaian dinas Kraton Yogyakarta selalu beliau kenakan ketika
menghadiri acara-acara resmi Kraton. Untuk bepergian, beliau sering mengenakan
baju jas hitam, sorban, dan sarung.
Beliau tidak suka makan sampai kenyang, terlebih
lagi di bulan Ramadhan, yakni cukup dengan satu cawan nasi ketan untuk sekali
makan. Jika ada pemberian bantuan dari orang, beliau pergunakan sesuai dengan
tujuan pemberinya. Jika ada kelebihan, maka akan dikembalikan lagi kepada
pemberinya.
Walau beliau termasuk dalam Abdi Dalem (anggota
dalam) Kraton, namun beliau tidak suka mendengarkan pementasan Gong Barzanji.
Sebagai hiburan, beliau senang sekali mendengarkan lantunan shalawat-shalawat,
Burdah dan tentunya Tilawatil Quran.
Para santri beliau perintahkan untuk berziarah di
Pemakaman Dongkelan tiap Kamis sore. Tiap berziarah, beliau membaca surat Yasin
dan Tahlil. Apabila terjadi suatu peristiwa yang menyangkut ummat pada umumnya,
beliau mengumpulkan semua santri untuk bersama-sama tawajjuh dan memanjatkan
do’a kehadirat Allah, biasanya dengan membaca shalawat Nariyyah 4.444 kali atau
surat Yasin 41 kali.
Selain mengasuh santri, beliau tak lantas
meninggalkan tugas sebagai kepala rumah tangga. Tiap ba’da Shubuh, beliau
mengajar al-Quran kepada segenap keluarga dan pembantu rumah tangga. Nafkah
dari beliau, baik untuk istri-istri maupun anak-anak, selalu cukup menurut kebutuhan
masing-masing. Suasana keluarga senantiasa tenang, tenteram, rukun, dan tidak
sembarang orang keluar-masuk rumah selain atas ijin dan perkenan dari beliau.
Hampir-hampir beliau tak pernah marah kepada
santrinya, selain dalam hal yang mengharuskannya. Pernah suatu waktu beliau
tiduran di muka kamar santri, tiba-tiba bantal yang beliau pakai diambil secara
tiba-tiba oleh seorang santri, sampai terdengar suara kepala beliau mengenai
lantai. Lantas beliau memanggil santri yang mengambil bantal tadi seraya berkata:
“Nak… saya pinjam bantalmu, karena bantal yang saya pakai baru saja diambil
oleh seorang santri.”
Seringkali beliau memberikan sangu kepada santri
yang mohon ijin pulang ke kampung halamannya, dan sangat memperhatikan
kehidupan santri-santrinya. Para santri pun dianjurkan untuk bertamasya ke luar
pesantren, biasanya sekali tiap setengah bulan, sebagai pelepas penat.
Sebagai layaknya seorang ulama, KH. M. Munawwir juga
akrab dan sering mendapat kunjungan dari para ulama lain, diantaranya;
1) Murid-murid Syaikh Yusuf Hajar dari Madinah
2) KH. Sa’id (Gedongan – Cirebon)
3) KH. Hasyim Asy’ari (Jombang)
4) KH. R. Asnawi (Kudus)
5) KH. Manshur (Popongan)
6) KH. Siroj (Payaman – Magelang)
7) KH. Dalhar (Watucongol – Magelang)
8) KH. Ma’shum (Lasem)
9) KH. R. Adnan (Solo)
10) KH. Dimyati (Tremas – Pacitan)
11) KH. Idris (Jamsaren – Solo)
12) KH. Abbas (Buntet – Cirebon)
13) KH. Siroj (Gedongan – Cirebon)
14) KH. Harun (Kempek – Cirebon)
15) KH. Muhammad (Tegalgubuk – Cirebon)
16) Para Kyai dari Jombang dan Pare
17) Sri Sultan Hamengku Buwono VIII dan IX
18) B.R.T. Suronegoro
19) KH. Asy’ari (Wonosobo) yang merupakan teman semasa belajar di Tanah Suci.
Selain dikunjungi, beliau juga kerapkali mengadakan
kunjungan balasan terhadap para ulama yang lain, seperti kepada KH. Hasyim
Asy’ari (Jombang), KH. Ahmad Dahlan (Yogyakarta), maupun yang lainnya.
Beliau juga mendapat kepercayaan dari pihak Kraton
untuk menjadi anggota JEMANGAH, yakni jama’ah shalat tetap yang terdiri dari 41
orang ulama, dimaksudkan sebagai penolak bencana Negara.
Dakwah KH. M. Munawwir
Sepulang dari Makkah pada tahun 1909 M, beliau
lantas mendakwahkan al-Quran di sekitar kediaman beliau di Kauman. Tepatnya di
sebuah langgar kecil milik beliau, tempat tersebut sekarang sudah menjadi
Gedung Nasyiatul ‘Aisyiyyah Yogyakarta.
Lantas pindah ke Gading, tinggal bersama kakak
beliau, KH. Mudzakkir. Namun karena berbagai sebab, juga atas saran dari KH.
Sa’id (Pengasuh Pesantren Gedongan, Cirebon), pada tahun 1910 M beliau pun
hijrah ke Krapyak setelah selesainya pembangunan tempat tinggal dan komplek
pesantren di sana, di tanah milik Bapak Jopanggung yang kemudian dibeli dengan
uang amal dari Haji Ali.
Pada 15 November 1910, Pesantren Krapyak mulai
ditempati untuk mengajar al-Quran. Dilanjutkan dengan pembangunan Masjid atas
prakarsa KH. Abdul Jalil.
Konon, KH. Abdul Jalil dalam memilih tempat untuk
pembangunan masjid, adalah dengan menggariskan tongkatnya di atas tanah
sehingga membentuk batas-batas wilayah yang akan dibangun masjid. Dengan
kehendak Allah, wilayah yang dilingkupi garis itu tidak ditumbuhi rumput.
KH. M. Munawwir selalu mengerahkan segenap santri
untuk melakukan amaliyah membaca surat Yasin tiap selesai pembangunan
berlangsung. Pembangunan terus berlanjut secara bertahap, mulai dari masjid, akses
jalan, dan gedung komplek santri hingga tahun 1930 M.
Di Pesantren Krapyak inilah beliau memulai
berkonsentrasi dalam pengajaran al-Quran. Para santri sangat menghormati
beliau, bukan karena takut, melainkan karena haibah, wibawa beliau.
Pengajian pokok yang diasuh langsung oleh KH. M.
Munawwir adalah Kitab Suci al-Quran, yakni terbagi atas 2 bagian; BIN-NADZOR
(membaca) dan BIL-GHOIB (menghafal). Santri bermula dari surat al-Fatihah,
lantas Lafadz Tahiyyat sampai dengan shalawat Aali Sayyidina Muhammad, kemudian
surat an-Nas sampai surat an-Naba’, baru kemudian surat al-Fatihah diteruskan
ke surat al-Baqarah sampai khatam surat an-Nas.
Selain itu, pengajian kitab-kitab juga digelar
sebagai penyempurna. Suatu hari pada tahun 1910, seorang santri dari Purworejo,
yang dianggap mampu oleh beliau diperintahkan: “Ajarkanlah ilmu fiqh kepada
santri-santri di hari Jum’at, biarlah mereka mengenal air.”
Begitu seterusnya berkembang, baik kitab fiqh maupun
tafsir, makin menonjol disamping pengajian al-Quran yang utama. Beliau mengajar
secara sistem MUSYAFAHAH, yakni sorogan, tiap santri langsung membaca di
hadapan beliau. jika ada kesalahan beliau langsung membetulkannya.
Adab (Tata Krama) dalam pengajian al-Quran sangat
beliau tekankan kepada para santri. Berbagai aturan dan ta’ziran beliau
berlakukan terhadap para santri. Untuk santri yang telah khatam, maka
dipanjatkanlah doa untuknya langsung oleh KH. M. Munawwir, lantas diberikanlah
baginya sebuah Ijazah, yang intinya berisi pengakuan ilmu dari guru kepada muridnya
serta Tarattubur-Ruwat (Urutan Riwayat) atau Sanad dari Sang Guru sampai kepada
Rasulullah Saw. secara lengkap.
Banyak diantara murid-murid beliau yang juga
meneruskan perjuangan di kampung masing-masing, berupa mendakwahkan Islam pada
umumnya, dan pengajaran al-Quran pada khususnya. Misal;
1. KH. Arwani Amin (Kudus)
2. KH. Badawi (Kaliwungu – Semarang)
3. Kyai Zuhdi (Nganjuk – Kertosono)
4. KH. Umar (Pesantren Al-Muayyad, Mangkuyudan – Solo)
5. Kyai Umar (Kempek – Cirebon)
6. KH. Noor (Tegalarum – Kertosono)
7. KH. Muntaha (Pesantren Al-Asy’ariyyah, Kalibeber – Wonosobo)
8. KH. Murtadha (Buntet – Cirebon)
9. Kyai Ma’shum (Gedongan – Cirebon)
10. KH. Abu Amar (Kroya)
11. KH. Suhaimi (Pesantren Tamrinus Shibyan, Benda – Bumiayu)
12. Kyai Syathibi (Kyangkong – Kutoarjo)
13. KH. Anshor (Pepedan – Bumiayu)
14. KH. Hasbullah (Wonokromo – Yogyakarta)
15. Kyai Muhyiddin (Jejeran – Yogyakarta)
16. Haji Mahfudz (Purworejo)
Untuk para Mutakharrijiin (Alumni), beliau
senantiasa menjalin hubungan dan bimbingan, bahkan berupa kunjungan ke tempat
masing-masing.
Karomah KH. M. Munawwir
KH. Abdullah Anshar (Gerjen – Sleman) mengetahui
beliau wafat, maka menangislah ia serta mengatakan tak kerasan lagi hidup di
dunia tanpa beliau. Setelah pulang ke rumah, KH. Abdullah langsung menyusul
pulang ke Rahmatullah.
Kyai Aqil Sirodj (Kempek – Cirebon) dikala masih
berusia sekitar 8 tahun belum bisa mengucap dengan jelas bunyi “R”. Namun
setelah minum air bekas cucian tangan beliau, langsung dapat membaca “R” dengan
jelas.
Kala mengajar, biasanya beliau sambil tiduran,
bahkan kadang benar-benar tertidur. Namun bila ada santri yang keliru membaca,
beliau langsung bangun dan mengingatkannya.
Saat baru berusia 10 tahun, beliau berangkat mondok
kepada KH. Cholil di Bangkalan, Madura. Sampai di sana, saat akan
dikumandangkan iqamat, KH. Cholil tidak berkenan menjadi imam shalat seraya
berkata: “Mestinya yang berhak menjadi imam shalat adalah anak ini (yakni KH.
M. Munawwir). Walaupun ia masih kecil tetapi ahli qira’at.”
Sewaktu awal di Tanah Suci, beliau mengirimkan surat
kepada ayahnya, menyatakan niat untuk menghapalkan al-Quran. Namun ayah beliau
belum memperkenankannya, sehingga berniat mengirimkan surat balasan. Namun,
belum sempat mengirimkan surat balasan, sang Ayah sudah mendapat surat kedua
dari putranya yang menyatakan bahwa ia sudah terlanjur hafal. Dihafalkannya
dalam waktu 70 hari (keterangan lain menyatakan 40 hari).
Dan masih banyak lagi karomah KH. M. Munawwir yang
lainnya.
Maqalah KH. M. Munawwir
1) Sebuah hadits riwayat Abi Hurairah Ra. bahwa Nabi
Muhammad Saw. Bersabda: “Wahai Abu Hurairah, pelajarilah al-Quran dan
ajarkanlah kepada orang lain. Tetaplah engkau seperti itu hingga mati.
Sesungguhnya jikalau kamu mati dalam keadaan seperti itu, malaikat berhaji ke
kuburmu sebagaimana kaum mukminin berhaji ke Baitullah al-Haram.”
2) Sebuah sya’ir: “Semua ilmu termuat di dalam
al-Quran – Hanya saja orang-orang tak mampu memahami seluruh kandungannya.”
3) “Jikalau engkau bermaksud akan sesuatu, maka
bacalah surat Yasin.”
4) “Kalau mengaji al-Quran, maka kajilah sampai
khatam, supaya menjadi orang mulia.”
5) “Waktu luang yang tidak digunakan untuk nderes
al-Quran adalah kerugian yang besar.
6) “Setelah seseorang hafal al-Quran, maka haruslah
ia Tidak suka omong kosong dan tidak menghabiskan waktunya hanya untuk bekerja
mencari dunia.”
7) “Wahai putera dan menantuku yang mempunyai
tanggungan al-Quran, apabila kalian belum lancar benar maka jangan sampai
merangkap apapun baik berdagang ataupun lainnya.”
8) “Orang hafal al-Quran berkewajiban memeliharanya,
maka dari itu jangan melakukan hal-hal -termasuk menuntut ilmu- yang tidak
fardhu, sekiranya dapat menyebabkan hafalannya hilang.”
9) “Kalau kamu tidak mengaji qira’at sab’ah
kepadaku, maka mengajilah kepada Arwani Amin Kudus.”
10) “Buah al-Quran adalah kebahagiaan dunia dan
akhirat.”
11) Beliau berkata kepada KH. Basyir: “Marilah uzlah
seperti saya, guna mengajarkan al-Quran. Kalau kita memikirkan harta dunia,
maka akan binasalah al-Quran nanti.”
12) Beliau berkata kepada putri beliau, Nyai Hindun:
“Orang hafal al-Quran, mengamalkan isi kitab Majmu’ dan Mudzakarat, insya-Allah
menjadi orang shalihah.”
13) Beliau tidak mengijinkan santri-santrinya
menjadi Pegawai Negeri Pemerintah Penjajah pada waktu itu.
14) Beliau menyampaikan apa yang pernah diterima
dari guru beliau, KH. Cholil Bangkalan: “Apabila hidayah tiba, permusuhan pun
musnah. Jadilah engkau bagaikan Air, dibutuhkan oleh siapa dan apa saja. Jika
tidak begitu, maka jadilah seperti Batu, tidak ada bahaya maupun manfaat
(secara aktif –red). Janganlah engkau laksana Kalajengking, siapa melihat maka
ia pun takut.”
15) “Seyogyanya engkau hadiahkan berkah surat
al-Fatihah kepada segenap kaum muslimin yang masih hidup, lebih-lebih diwaktu
tertimpa marabahaya atau berperangai buruk, barangkali dapat menjadi obatnya.
Sebagaimana guru saya KH. Cholil pernah mengajarkan (di nomor 16).”
16) Beliau menyampaikan apa yang disampaikan guru
beliau, KH. Cholil: “Teman-teman sekalian, jikalau engkau menghadiahkan berkah
surat al-Fatihah jangan hanya kepada muslimin yang sudah meninggal saja, tetapi
juga yang masih hidup, syukurlah jika kepadaku juga. Sebab Nabi Muhammad Saw.
pernah bersabda: ‘UDDA NAFSAKA MIN AHLIL QUBUUR (anggaplah dirimu termasuk ahli
Qubur).”
17) “Apabila engkau memohon kepada Allah, maka
mohonlah Kesejahteraan (‘Aafiyah).”
18) “Kelak di akhir jaman, Shin akan menguasai
seluruh daerah.”
19) Sebuah sya’ir: “Aku tak bisa mendapatkan kembali
apa yang telah meninggalkan diriku, baik dengan LAHFA (kalau), dengan LAITA
(seandainya), ataupun dengan LAU-INNI (andaikan saya).”
20) “Selama saya masih hidup, puteraku yang lelaki
selalu saya suruh memakai kopyah. Sedangkan yang perempuan segera saya carikan
jodoh, tak usah menunggu orang lain yang datang melamarnya.”
Wafat dan Penerus KH. M. Munawwir
Sebagaimana manusia pada umumnya, KH. M. Munawwir
menderita sakit selama 16 hari. Pada mulanya terasa ringan, namun lama-kelamaan
semakin parah. Tiga hari terakhir saat beliau sakit, beliau tidak tidur.
Selama sakit, selalu berkumandanglah bacaan surat
Yasin 41 kali yang dilantunkan oleh rombongan-rombongan secara bergantian. Satu
rombongan selesai membaca, maka rombongan lain menyusulnya, demikian tak ada
putusnya.
Akhirnya, beliau KH. M. Munawwir wafat ba’da Jum’at
tanggal 11 Jumadil Akhir tahun 1942 M di kediaman beliau di komplek Pondok
Pesantren Krapyak Yogyakarta. Dikala beliau menghembuskan nafas terakhir,
ditunggui oleh seorang putri beliau, Nyai Jamalah, yakni ketika rombongan
pembaca surat Yasin belum hadir.
Shalat Jenazah dilaksanakan bergiliran lantaran
banyaknya orang yang bertakziyyah. Imam shalat Jenazah kala itu adalah KH.
Manshur (Popongan – Solo), KH. R. Asnawi (Bendan – Kudus), dan besan beliau KH.
Ma’shum (Suditan – Lasem).
Beliau tidak dimakamkan di kompleks Pesantren
Krapyak, melainkan di Pemakaman Dongkelan, yakni sekitar 2 km dari kompleks
Pesantren. Dan sepanjang jalan itulah, terlihat kaum muslimin dari berbagai
golongan penuh sesak mengiring dan bermaksud mengangkat jenazah beliau,
sampai-sampai keranda jenazah beliau cukup ‘dioperkan’ dari tangan ke tangan
yang lain, sampai di Pemakaman Dongkelan.
Jenazah KH. M. Munawwir dikebumikan di sana, dan
selama lebih dari seminggu pusara beliau selalu penuh dengan penziarah dari
berbagai daerah untuk membaca al-Quran.
Beliau wafat meninggalkan Pesantren yang merupakan
tonggak pemisah suasana. Suasana sebelum dibangun pesantren, Krapyak dikenal
sebagai tempat rawan, penuh kegelapan, abangan dan sedikit yang menjalankan
ajaran Islam. Bersamaan dengan didirikannya Pesantren, banyak pula usaha busuk
dari golongan-golongan Klenik yang dengki dan selalu merintangi perintisan
Pesantren.
Namun upaya-upaya itu musnah, dan suasana gelap
beralih menjadi ramai dan meriah dengan alunan Ayat-ayat Suci al-Quran dengan
segala konsekuensinya.
Almarhum KH. M. Munawwir berwasiyat, agar keluarga
melanjutkan perjuangan Pesantren, tepatnya kepada 2 orang putra dan 4 orang
menantu. Akan tetapi karena beberapa udzur, perjuangan Pesantren dikawal secara
langsung oleh 3 tokoh yang dikenal sebagai Tiga Serangkai yakni;
1) KH. R. Abdullah Affandi (putra beliau dari Nyai
R.A. Mursyidah asal Kraton Yogyakarta). Disamping menangani pengajian al-Quran,
beliau juga mengurusi hubungan Pesantren dengan dunia luar. Beliau wafat pada 1
Januari 1968.
2) KH. R. Abdul Qadir (putra beliau dari Nyai R.A.
Mursyidah asal Kraton Yogyakarta). Pada tahun 1953, para santri penghafal
al-Quran dikelompokkan menjadi satu dalam sebuah wadah, yakni Madrasatul
Huffadz yang disponsori oleh KH. R. Abdul Qadir, dibantu KH. Mufid Mas’ud
(menantu KH. M. Munawwir), Kyai Nawawi (menantu KH. M. Munawwir) dan Hasyim
Yusuf dari Nganjuk. Ada 2 sistem yang ditempuh di Madrasatul Huffadz. Pertama,
adalah Sistem Perseorangan, yakni Kyai menurut kepada santri untuk menghafalkan
suatu ayat, surat maupun juz. Kedua, adalah Sistem Jama’ah Mudarasah, yakni
seorang santri disuruh menghafal suatu ayat, surat atau juz, kemudian
membacanya lantas berhenti dan dilanjutkan oleh santri yang lain, demikian
sampai khatam 30 juz. Untuk mentashhih kembali hafalan santri-santri yang sudah
khatam, maka diharuskan melakukan ‘Ardhah secara Musyafahah sampai tiga kali
khatam. Untuk menguji kelancaran hafalan, adalah dengan dibacanya suatu ayat
oleh Kyai dan santri disuruh melanjutkannya. Begitu pula ditanyakan kepada
santri tentang letak ayat tersebut dalam surat apa, halaman berapa, bagian
mana, lembar kiri atau kanan, ayat nomor berapa, sampai surat baru masih berapa
ayat lagi. Seperti itulah seluk beluk menghafalkan al-Quran di Madrasatul
Huffadz saat itu. Setelah hafal seluruh al-Quran, maka selama 41 hari dilanjutkan
Mudarasah (nderes) dengan mengkhatamkan 41 kali juga. KH. R. Abdul Qadir wafat
pada 2 Februari 1961.
3) KH. ‘Ali Ma’shum (menantu beliau asal Lasem,
suami dari Nyai Hj. Hasyimah). Beliau sudah turut mengasuh Pesantren sejak
1943. Beliau adalah perintis dan pengasuh pengajian kitab-kitab selepas KH. M.
Munawwir wafat, yakni sejak kepulangan beliau dari Tanah Suci dalam rangka
menimba ilmu. Dalam penyelenggarannya, beliau menerapkan beberapa sistem, yakni
Sistem Madrasi (Klasik) dan Sistem Kuliyah, yang masing-masing dilengkapi
dengan Pengajian Sorogan (individual). Adapun Pengajian Sorogan ini, beliau
berlakukan dengan model Semi-Otodidak, yakni dengan ditentukannya suatu kitab
oleh KH. ‘Ali Ma’shum untuk dikaji seorang santri. Tiap sore hari, santri tersebut
harus menghadap beliau untuk membaca kitab. Dalam hal ini, santri harus
berusaha mempelajarinya sendiri, baik dalam cara membaca maupun menela’ah
maknanya, baik dengan bertanya maupun berdiskusi dengan rekan dan kitab yang
sudah ada maknanya. Sedangkan KH. ‘Ali Ma’shum cukup menyimak bacaan santri
sambil mengajukan beberapa pertanyaan, dan membenarkan jika ada kesalahan
membaca maupun memahami isinya. Dengan sistem ini, beliau maupun santri telah
banyak menghemat waktu serta membuahkan hasil yang memuaskan lagi cermat.
KH.
‘Ali Ma’shum wafat pada 1989.
Demikianlah estafet kepemimpinan Pesantren terus
bergulir, semakin berkembang seiring bertambahnya usia, baik dalam metode
maupun corak Pesantren, namun tak lepas dari sentuhan khas salafiyahnya. Dan
tentunya, tetap berkonsentrasi pada misi awal yang dirintis Sang Muassis
(Pendiri), yakni membumikan al-Quran, memasyarakatkan al-Quran dan
meng-al-Quran-kan masyarakat.
Biografi ini disadur dari Buku yang berjudul
“MANAQIBUS SYAIKH: K.H.M. MOENAUWIR ALMARHUM: PENDIRI PESANTREN KRAPYAK
YOGYAKARTA” yang diterbitkan oleh MAJLIS AHLEIN (Keluarga Besar Bani Munawwir)
Pesantren Krapyak, keluaran tahun 1975. Jadi jika Anda ingin meng-COPYPASTE
biografi beliau ini, mohon SERTAKAN PULA SUMBERNYA, yakni buku tersebut. Sumber : kumpulanbiografiulama
Tidak ada komentar: