Tingkatan-tingkatan Dunia

Dunia terbagi menjadi tiga tingkatan, yaitu: dunia yang terdapat didalamnya pahala, dunia yang terdapat didalamnya hisab (perhitungan) dan yang ketiga, dunia yang terdapat didalamnya siksaan.

*Adapun yang didalamnya terdapat pahala :*
Yaitu yang dapat membawa seseorang kepada perbuatan baik, dan yang dapat menyelamatkan seseorang dari perbuatan buruk, dunia semacam ini adalah merupakan kendaraan seorang mukmin, dan merupakan tempat menanam bekal untuk akhirat, inilah yang dikatakan sebagai sesuatu yang cukup dari barang halal.

*Adapun yang didalamnya ada hisab (perhitungan) :*
Yaitu yang tidak menyibukkan dirimu dari menjalankan kewajiban, dan tidak menyebabkan dirimu terjerumus dalam kemaksiatan ketika mencarinya. Inilah dunia yang didalamnya ada perhitungan yang panjang sekali, para pemiliknya adalah orang-orang kaya yang akan didahului oleh para fakir miskin dengan jarak setengah hari (menurut hari di akhirat) atau lima ratus tahun (menurut tahun di dunia) ketika kelak akan memasuki surga.

*Adapun yang didalamnya ada siksaan :*
Adalah yang dapat menghalangi seseorang dari menjalankan perbuatan taat dan menjerumuskannya dalam kemaksiatan, ia merupakan bekal bagi pemiliknya menuju neraka dan bagaikan tangga yang akan mengantarnya ke neraka.

Hal itu disebutkan oleh sebuah riwayat :
“Sesungguhnya Allah SWT memerintahkan dunia masuk kedalam neraka, maka ia (dunia) berkata: “Wahai Tuhanku, dimanakah para pecintaku dan pengikutku?” Maka Allah SWT berkata: “Ikutkan juga para pecintanya dan pengikutnya, sehingga mereka diikutkan dengannya.

Imam Abdullah Al-Haddad Ra
Risalatul mudzakarah

Tidak ada komentar:

BESSI BAJA AL-JAWA. Diberdayakan oleh Blogger.