FILM JALALUDDIN RUMI - SUBTITLE BAHASA INDONESIA



FILM JALALUDDIN RUMI- PART 1 SUBTITLE BAHASA INDONESIA



Masa kecil penyair Maulana Jalaluddin Muhammad Balkhi, dikenal di Dunia Barat sebagai Jalaluddin Rumi.

FILM JALALUDDIN RUMI- PART 2 SUBTITLE BAHASA INDONESIA




Jalaluddin tidak tinggal diam ketika beberapa Tentara Kerajaan mengejar seorang perempuan.
Like komen dan bagikan, Semoga bermangfaat.

FILM JALALUDDIN RUMI- PART 3 SUBTITLE BAHASA INDONESIA



Kegentingan berlanjut dengan adanya kabar serangan balasan dari kerajaan Mongol yang dipimpin Gengis Khan.
Hingga hakim kerajaan mendatangi Bahauddin Walad serta keputusan Bahauddin untuk Jalaluddin Rumi.

FILM JALALUDDIN RUMI- PART 4 SUBTITLE BAHASA INDONESIA



Tiba-tiba ada seorang tua yang meminta tumpangan untuk ke kebun dalam kondisi terluka.

Jalaluddin Rumi pun heran, mengapa sang guru Sayyid Warad memperlakukan orang itu dengan baik.

Hingga dua pengawal yang memburu jejak, mengancam akan membunuh sang guru.

FILM JALALUDDIN RUMI- PART 5

SUBTITLE BAHASA INDONESIA



Jalaluddin Rumi / Maulana Jalaluddin Rumi

FILM JALALUDDIN RUMI- PART 6  SUBTITLE BAHASA INDONESIA



Setelah teror terhadap Jalaludin Rumi hingga kepalanya berdarah. Berikutnya rumah Bahauddin Walad, ayah Rumi, mengalami teror langsung di rumahnya.

Hakim Tinggi Kamaluddin sangat bahagia ketika bertemu Bahauddin Walad di depan gerbang kota Balkh. Namun berujung dengan kemarahan penduduk Balkh. Apakah pemicu kemarahan penduduk Balkh?

FILM JALALUDDIN RUMI- PART 7

SUBTITLE BAHASA INDONESIA



Jalaluddin Rumi terpaksa meninggalkan kota Balkh, kampung halamannya, kemanakah karavannya akan diterima. Apa yang terjadi dengan Hakim Tinggi Kamaluddin setelah dihakimi penduduk terhadap tindakannya mencabuk Bahauddin Walad di depan umum. Apakah yang terjadi dengan Kerajaan Gurganj antara Ratu dan Permaisuri di Istana, sedang Sultan dan para komandan yang berkumpul di Amu Darya untuk menghadapi pasukan Mongol.

FILM JALALUDDIN RUMI- PART 8

SUBTITLE BAHASA INDONESIA



Jalaluddin Rumi akhirnya berpisah dengan sang guru, Sayyid Warad. Perjalanan kafilah Bahauddin Walad pun singgah di Naisabur.
Persinggahan ini, menjadi tempat berikutnya yang mempertemukan Jalaluddin Rumi dengan seorang guru. Meskipun sekali lagi harus merelakan kepergian orang yang disayangi setelah sang nenek.
Di pihak lain, Hakim Syaikh Kamaluddin merencanakan sesuatu untuk Hakim Tinggi Zakaria. Apa rencana Kamaluddin terhadap Hakim dan kota Balkh, seiring semakin dekatnya pasukan Mongol dipimpin Genghis Khan merusak kota-kota.

FILM JALALUDDIN RUMI- PART 9 SUBTITLE BAHASA INDONESIA



Dalam perjalanan menuju Baghdad, rombongan Bahauddin Walad berjumpa dengan seseorang yang mengabarkan kondisi terkini dari kota Balkh. Di samping itu, Hakim Tinggi kota Balkh, Kamaluddin berusaha kabur dan membawa serta peti koin emas kota Balkh. Sultan akhirnya menuju tempat peristirahatannya di pulau Absekon, lalu menyampaikan satu wasiat yang mengagetkan.

FILM JALALUDDIN RUMI- PART 10 SUBTITLE BAHASA INDONESIA



Pangeran kini menjadi Sultan, meskipun harus terpisah dari ibunya yang diajak pergi meninggalkan istana Khwarizm bersama Ratu.
Di tengah perjalanan, kafilah Bahauddin Walad dihentikan tiba-tiba dan membuat histeris rombongan.
Saat Kamaluddin dengan peri emas kota Balkh, bersama kaki tangan yang setia tergontai di padang pasir setelah berusaha menyingkirkan semua prajurit yang mengawalnya.

Mampukah mereka mencapai tujuan masing-masing.

FILM JALALUDDIN RUMI- PART 11 SUBTITLE BAHASA INDONESIA



Seorang pencuri yang sedang mengintai bersama kawanannya tertangkap oleh Gubernur Bukhara, lalu dihadapkan kepada Sultan Jalaluddin. Apakah hukuman yang akan diberikan sang Sultan kepada sang pencuri yang kedapatan memiliki harta rampasan dari merampok?
Dalam perjalanan menuju Ray untuk sampai ke Baghdad, karavan Jalaluddin Rumi dirampas paksa oleh bandit gurun. Saat tertatih berjalan rasa khawatir Rumi berubah tenang dengan senyuman yang membuat heran ayahnya.
Di samping itu, bagaimanakah dukungan rakyat selama Sultan Jalaluddin berperang melawan pasukan Mongol?
Panasnya gurun juga dialami oleh Kamaluddin dan pembantunya Nazir. Di tengah kehausan dan panas muncul kesetiaan yang menghangat dari keduanya.

____________________________________________________

Jalaluddin Rumi / Maulana Jalaluddin Rumi Rumi – yang memiliki nama lengkap Maulana Jalaluddin Rumi Muhammad bin Hasin al-Khattabi al-Bakhri – lahir di Balkh (Afghanistan sekarang) pada tanggal 30 September 1207. Para Orientalis di Barat mengakui Rumi sebagai penyair yang terbesar dari semua penyair mistik yang pernah ada dalam peradaban Islam. Dan para sufi di Timur Tengah mengakui bahwa karya-karyanya dianggap sebagai Al-Qur’an kedua karena kedalaman maknanya. Jalaluddin Rumi adalah pendiri “Tarekat Mevlevi” di Turki. Sebelum Perang Dunia II, pengikut Tarekat Mevlevi berjumlah 100.000 yang tersebar di seluruh Balkan, Afrika, dan Asia. Tidak ada penyair di dalam sejarah – tidak juga Shakespeare Atau Dante – yang secara nyata mempunyai dampak pada peradaban seperti yang dilakukan oleh Rumi. Dan tak ada puisi yang mampu membangkitkan ekstase mistik dan kebahagiaan kepada pembacanya seperti puisi-puisi yang ditulis oleh Rumi. Rumi adalah satu pribadi di antara sedikit pribadi di bumi yang memiliki kesadaran universal – selain Ramakrishna, Aurobindo, dan Kabir – yang dihasilkan oleh agama, dan telah mewarnai kehidupan serta peradaban manusia dengan kemuliaan cinta. Maka, pada saat ini, ketika kita membutuhkan suatu inspirasi untuk mencintai dunia yang tengah terancam kehancuran, ketika kita sudah melupakan identitas Keilahian, kebahagiaan, serta tanggung jawab kemanusiaan kita, Rumi hadir sebagai seorang pemandu dan seorang saksi atas kemuliaan Tuhan serta keagungan jiwa manusia. Rumi hadir membawa esensi agama yaitu cinta yang universal. Bagi Rumi, cinta melebihi semua dogma agama, cinta hadir untuk memeluk keseluruhan ciptaan, cinta adalah hakekat agama yang mempersatukan seluruh umat manusia dalam cahaya Keilahian. Jalaluddin Rumi Maulana Jalaluddin Rumi Muhammad bin Hasin al Khattabi al-Bakri atau sering pula disebut dengan nama Rumi adalah seorang penyair sufi yang lahir di Balkh pada tanggal 6 Rabiul Awwal tahun 604 Hijriah, atau tanggal 30 September 1207 Masehi. Wikipedia Lahir: 30 September 1207, Balkh, Afganistan Meninggal: 17 Desember 1273, Konya, Turki Dimakamkan: Mevlana Museum, Konya, Turki Pasangan: Gowhar Khatun (m. 1225) Orang tua: Bahā ud-Dīn Walad, Mu'mina Khātūn Anak: Sultan Walad, Ala al-Din Muhammad, Malakeh Khatun, Amir Alim Chalabi



3 komentar:

  1. Barokallah Keren sekali alurnya....kira" ada episode slanjutny gak ya? (part 12 ??)

    BalasHapus
    Balasan
    1. cara downloadnya bagaimana ya, ko saya g bisa buka linknya?

      Hapus
  2. ko ga bisa dibuka link untuk donwloadnya?

    BalasHapus

BESSI BAJA AL-JAWA. Diberdayakan oleh Blogger.